Kontrol Pertama Bayi, Bawa Apa Aja Ya?

Kontrol pertama ke dokter anak setelah melahirkan pasti jadi momen pertama pergi bersama bayi newborn tentunya. Biasanya kontrol pertama setelah bayi berumur 7 hari atau 10 hari. Kalau saya sih dulu 7 hari untuk cek bilirubin dan vaksin polio. Dua hari sebelum jadwal kontrol saya udah beres-beres diaper bag untuk dibawa pas kontrol. Hahaha. Tumben banget biasanya hari itu mau pergi baru beres-beres hari itu juga. Maklum deh, mamak baru kan. Bingung juga mau bawa apa aja. Googling-googling kok cuma sedikit yang membahas ini. Duh! Akhirnya saya beres-beres pake feeling aja deh.

Jadwal kontrol hari itu jam 8-11. Kebetulan saya sedang stay di rumah ibu saya. Jarak rumah ibu saya ke RS jauh banget. Jadi saya rencananya berangkat jam 7 pagi biar gak siang banget sampenya. Ternyata ngaret, saya baru berangkat jam 9 pagi. Itupun padahal udah bangun jam 5 pagi loh buat siap-siapnya. Hahaha. Maklum lagi deh, mamak baru. Riweuh banget deh saya sampai pompa dulu pagi-pagi dan bawa ASIP pakai cooler bag dan termos segala. Karena kata ibu saya bawa aja ASIP nya kalau mau nyusu tengah jalan kan tinggal dipake ASIP nya. Ternyata ribet banget buibuk!! Mana termosnya ternyata nutupnya nggak rapat jadi udah dingin airnya pas dituang. ASIPnya dingin, air termosnya dingin, sementara bayinya udah raung-raung minta nyusu pas di jalan. Akhirnya coba nyusuin pake nursing cover pertama kali. Terus langsung bisa. Terus ternyata gampang. Terus enakan nyusu langsung. Huft. Tau gitu gak repot-repot bawa ASIP deh. Yah maklum lagi deh, mamak baru kan. Hahaha pokoknya postingan ini harap dimaklumi aja deh ya. Mamak baru.

Jadi bisa disimpulkan barang-barang bawaan untuk kontrol pertama kali adalah:

  • Popok ganti
    Biar nggak ribet bawa pospak aja yah, 4-6pcs cukup.
  • Baju ganti
    Namanya newborn sering pipis dan pup kan, takutnya bajunya kotor kena pipis dan pup jadi bawa baju ganti aja
  • Minyak telon
    Buat hangat-hangat siapa tau di jalan atau di RS kedinginan
  • Hand sanitizer
    Sebenernya sih ini ada di RS juga, tapi bawa aja siapa tau butuh pas di jalan
  • Nursing cover
    Of course untuk nyusuin di jalan atau pas di RS. Sebenernya sih di RS biasanya ada ruang menyusui juga.
  • Perlak Kecil
    Untuk alas ganti popok, biar gak mengotori tempat ganti popok di RS nya juga.
  • Tissue Basah
    Untuk lap-lap, ganti popok, dsb. Wajib ada lah pokoknya kalau jalan sama bayi.
  • Tissue Kering
    Ini juga wajib ada kalau jalan sama bayi, untuk lap-lap macem-macem.
  • Selimut
    Biar bayinya tetep hangat diselimutin hehehe
  • Bedong
    Yaa namanya juga newborn pasti masih dibedong kalau pergi-pergi. Biar gendongnya lebih enak juga kalau dibedong karena kaki tangannya gak kemana-mana.
  • Plastik kecil
    Buat buang-buang sampah popok, dll.
  • Air minum
    Busui harus sering minum!!

Kalau ternyata dokternya ngantri, mungkin bawa stroller bisa jadi opsi. Jadi kita nggak pegal gendong si bayi dan si bayinya pun nggak pegal digendong terus. Ini untuk yang menyusui langsung yaa, kalau yang minum susu formula mungkin bisa ditambahkan bawaannya seperti termos, botol susu, dan perlengkapannya. Oh iya, kalau bisa juga untuk kontrol pertama ini sebaiknya buibuk ditemani, boleh sama orang tua, suami, mbak, atau siapa deh yang penting jangan sendirian. Karena kondisi habis melahirkan kan pasti masih lelah, bawa tas dan gendong bayi juga. Biar lebih nyaman berbagi barang bawaannya. Saya aja kontrol pertama ditemenin ibu dan suami. Hahaha serombongan. Tadinya mau sama suami aja, tapi kok ya belum pede jalan berdua aja. Mana masih belajar gendong juga kan. Ternyata gak seheboh yang saya bayangkan kok pergi sama bayi itu. Intinya jangan panik ya, santai saja. Karena newborn kan masih lebih banyak tidurnya, jadi selama digendong biasanya sih dia bobok dan nggak rewel. Jadi santai saja ya!

Leave a Reply