Newborn Shopping & Hospital Bag List

Kali ini saya mau bahas tentang apa aja yang harus disiapin sebelum lahiran, newborn shopping list dan hospital bag. Tapi ini versi saya lho ya. Bisa jadi beda sama orang-orang, karena kan bisa aja tiap orang beda-beda kebutuhannya. Tapi nggak ada salahnya kan bagi-bagi info, siapa tau ada beberapa yang berguna. Oh iya, sekedar info saya lahiran caesar di RS Asih. Kalo ada yang niatnya lahiran di RS yang sama juga, mungkin bisa jadi info RS ini bakal nyediain apa aja sih. Jadi ini kira-kira listnya ya

Newborn Shopping List:

Perlengkapan Bayi
  • Baju Kutung
    Baju tangan buntung alias lekbong alias kelek bolong buat siang-siang kalo gerah. Saya beli 3pcs langsung ukuran 3-6m merk Libby. Untung cuma beli sedikit, karena saya nggak begitu suka makein baju model gini ke si bayi, repot ketarik-tarik terus udelnya keliatan deh.
  • Baju Pendek
    Baju tangan pendek, buat siang-siang juga yang ga terlalu gerah. Sama, saya beli 3pcs langsung ukuran 3-6m merk Libby. Sama lagi kayak baju kutung, tarik dikit joss! Udelnya keliatan. Saya males sih makein singlet juga, kasian dobel-dobel bajunya jadi makin gerah.
  • Baju Panjang
    Baju tangan panjan untuk bobok malam. Beli 3pcs langsung ukuran 3-6m dan juga sama merk Libby. Masih lebih kepake daripada baju-baju pendeknya, karena kan kalau bobok malam ga terlalu grasa grusu dibanding siang hari.
  • Celana Pop
    Sepasang lah sama baju kutung dan baju pendeknya, saya beli 6pcs ukuran 3-6m merk libby. Ini celana pop kira-kira saya baru make pas umur sebulanan. Sebelum sebulan sexy banget bayi saya cuma pakai popok aja hahaha. Kebiasaan pas di RS soalnya bayi cuma dipakein baju dan pospak aja. Lebih simpel juga sih soalnya kan newborn sering banget pipis dan pup, dan masih dibedong juga kaaan jadi masih ketutup juga lah.
  • Celana Panjang
    Ini pasangannya baju panjang buat bobok malam, tapi saya jarang pakein juga sih karena ya bayiknya masih sering dibedong atau diselimutin. Mau yang tutup kaki, buka kaki sok aja bebas yah sesuai kebutuhan buibuk.
  • Singlet
    Saya beli selusin merk Libby, dipakai kalau lagi berjemur pagi-pagi atau kalau pergi ke tempat dingin jadi didobel pake bajunya.
  • Sleepsuit
    Nah ini baju favorit! Saya beli ukuran newborn, 3pcs merk Libby. Pas ke RS kontrol pertama kali enaknya sih pake sleepsuit, anget, mau vaksin atau ambil darah juga gampang buka-buka bajunya tinggal buka kancing aja ga perlu pelarat pelorot baju. Buat bobok juga enak banget karena celananya tutup kaki. Saya sih gemes banget ya gatau kenapa kalo liat bayi pake sleepsuit tutup kaki tuh rasanya tingkat kegemasannya langsung naik 1000%. Hahaha.
  • Selimut
    Beli 1pcs selimut topi merk Carter’s. Bulu-bulu gitu anget sih. Cuma ternyata bayi saya alergi debu, jadi kalo diselimutin pake selimut ini hachi hachi terus. Ngga kepake deh yang saya beli. Untung dapet kado 2 selimut. Jadi pake selimut kado. hehehe
  • Bedong
    Beli 1 pak bedong merk Carter’s, motifnya gemas-gemas sekaliii. Aku suka. Bahannya pun tebal, jadi bayi yang dibedong gak perlu diselimutin lagi. Saya pake bedong buat ngebedong sih cuma sebulan. Karena bayi jaman sekarang gak mau dibedong lagi hahaha. Abis dibedong aja dah lolos lagi tangannya. Yaudahlah. Setelah lewat sebulan ini bedong multifungsi kok bisa jadi alas tidur, alas gumoh, dll kalau buibuk kreatif pasti bisa lah mempergunakan bedong ini sebaik mungkin.
  • Sarung Tangan
    Beli 1pak isi 5pcs, sama 3pcs yang satu set sama sarung kaki juga. Huft ternyata tidak terpakai semuanya. Karena pas belanja saya kurang riset rupanya. Ternyata sama dokter dan suster di Asih tidak disarankan pakai sarung tangan karena banyak saraf-saraf yang sedang berkembang di telapak tangan. Jadi biarkanlah bayi meraba, menggengam, memegang sesuatu langsung tanpa dihalangi sarung tangan. Oke, alasannya make sense jadi saya masih bisa terima untuk ngga memakaikannya. Tapi kalo si bayi suka garuk-garuk dan kukunya panjang gimana? Kalo saya sih potongin kukunya aja. Atau ya pakeinnya pas lagi bobo aja, kalau pas lagi nyusu saya lepas, karena biasanya dia meraba-raba saya dan skin to skin sama saya. Sekali lagi bebas ya buibuk kan anaknya anak buibuk sendiri, jadi saya yakin semua buibuk pasti ingin yang terbaik untuk anaknya.
  • Kaos Kaki
    Saya beli 3pcs merk Carter’s. Gemes, di tapak kakinya ada karet-karetnya gitu bentuk paw. Padahal kalau dipikir-pikir buat apa ya, biar gak kepeleset? Kan bayi belum bisa jalan. Ya buat lucu-lucuan aja sih buktinya saya terhibur ngeliat gemesnya tu kaos kaki.
  • Clodi
    Saya beli 4pcs clodi dan 6pcs insert tambahannya. Niatnya mau go green, eh nggak juga sih saya lebih takut bayi saya ruam popok kalau pakai pospak. Tapi belum siap mental begitu bayi saya dipakein clodi langsung dipupin. Harus bilas dulu. Pas kebetulan air lagi mati di rumah. Yaudah akhirnya saya balik pakai pospak. Ternyata ngga ruam. Terus clodinya masih teronggok di lemari. Hahaha.
  • Pospak
    Saya ngga beli juga sih ini, karena mikirnya bakal pake clodi. Jadi saya belum beli. Ditambah lagi saya ngga tau bayi saya bakal cocok pakai merk apa. Tapi pas keluar RS saya dapet 1 pak pospak merk Fitti. Selama bayi di RS juga dipakein pospak merk Fitti ini. Tapi kayaknya Asih sekarang udah nggak pake Fitti lagi deh, pakenya Sweety kalo nggak salah. Setelah Fitti nya abis, saya sempet coba Pampers Premium ternyata bayi saya nggak suka. Ternyata malah cocoknya pakai MamyPoko yang Extra Dry Tape.
  • Grooming Kit (termometer, sedotan ingus, sisir, sikat gigi, dll)
    Termometer belum sempat beli, untung dapet dari RS. Sedotan ingus udah beli, kalau mau beli lebih baik sih yang bisa disedot pake mulut aja ya karena katanya sih lebih ampuh dibanding yang cuma dipencet-pencet pake tangan. Sisir saya sih beli aja ya yakin aja bayi saya rambutnya bisa disisir. Hahaha. Alhamdulillah pas lahir beneran berambut lumayan banyak jadi sisirnya kepake deh. Sikat gigi ternyata nggak kepakai, karena kata DSA saya sih kalau bayi full ASI ngga apa-apa ngga dibersihin. Kalau mau dibersihin sih ya pake kasa aja paling. Sikat gigi untuk 6 bulan ke atas. Sikat giginya yang sikat silikon dimasukin ke jari telunjuk itu ya.
  • Bantal Peyang + guling
    Beli bantal dan guling satu set sama perlak. Ternyata ngga kepake. Karena lagi lagi DSA dan suster di Asih ngga menyarankan untuk tidur pakai bantal sampai umur 2 tahun. Katanya sih biar struktur tulang belakangnya bagus, jadi kalau mau pake bantal baiknya bantal yang menopang kepala sampai ke bahu.
  • Celemek
    Ini buat nadahin kalau lagi nyusu suka beleber-beleber. Atau nadahin gumoh. Saya beli 3pcs merk Carter’s.
  • Topi
    Beli 5pcs merk Carter’s. Nggak terlalu kepakai sih karena jarang pergi-pergi. Pas udah dibotakin baru sering kepake.
Perlengkapan Mandi Bayi
  • Washlap
  • Handuk
  • Toiletries
  • Bak Mandi
  • Baby Bather
    Diantara perlengkapan mandi yang lain yang sudah obvious apa gunanya, baby bather ini sangat membantu hidup saya. Karena saya urus bayi sendiri. Nggak ada yang bantuin pun. Nggak berani nyemplungin anak piyik ke air. Jadilah si bayik ini nyandar di baby bather lalu saya sabunin dan guyur air pake gayung disini. Baby bather my luv.
  • Perlak
  • Tissue Basah
  • Tissue Kering
  • Kapas Bulat
Perlengkapan Menyusui
  • Nursing Bra
    Udah beli dari hamil, karena size PD naik pas hamil. Jadi sekalian aja ganti bra jadi nursing bra biar pas nanti lahiran gak usah beli lagi. Padahal beli lagi juga sih. Selalu ada alasan untuk belanja.
  • Nursing Apron
    Buat nutupin kalau nyusuin di tempat umum. Pertama kali kepake pas di Uber mau kontrol ke RS. Saya nggak beli sih, dikadoin. Hehehe
  • Nursing Pillow
  • Nipple Shield
    Udah beli merk IQ Baby, ternyata dari Asih dapet merk Medela. Enakan merk Medela, lebih lentur dan pas.
  • Nipple Puller
    Gak sempet beli, dapet dari Asih.
  • Breast Pump
    Udah beli dari jaman hamil, karena diskon! Bahaha. Hidup diskon. Kenapa dibela-belain? Karena diskonnya almost 500rb! Hahaha. Beli merk Philips Avent. Belum tau cocok atau nggak. Kalau ngga cocok ya jual lagi aja nanti, kan diskon ini. Hahaha. Alhamdulillah cocok, kepakai sampe sekarang. Tapi ada baiknya sih, beli pompa asi ini nanti-nanti aja setelah lahiran atau minta sebagai wishlist ke teman-teman/saudara yang mau kasih kado. Bisa sewa dulu untuk tau pompa mana yang cocok untuk kalian. Kan sekarang udah banyak jasa penyewaan breast pump. Kalau di RS Asih disediain kok beberapa breast pump di ruang menyusui. Jadi kalau mau perah asi bisa ke ruang menyusui. Ada Medela Lactina, Philips Avent Electric, dan Claire’s tapi ngga tau tipe apa. Pas lahiran saya udah bawa breast pump sendiri, jadi bisa pompa di kamar. Lebih nyaman tanpa harus bolak balik ke ruang menyusui. Karena ruang menyusui di Asih yang sebelah kamar bayi itu tempatnya agak sempit dan pengap. Jadi saya lebih nyaman pompa di kamar.
  • Kantong ASI/Botol Kaca
    Untuk menyimpan asi yang diperah. Karena freezer saya masih terbatas tempatnya, jadi saya memilih untuk beli kantong ASI dulu aja, merk Natur. Tapi kemudian saya dikadoin botol kaca BKA sama teman-teman saya.
  • Breast Pad
    Beli 1 pak merk Pigeon, kepake banget pas awal-awal lahiran karena dikit-dikit asi rembes.
  • Botol Susu
    Beli 2pcs merk Philips Avent, nyesuaiin sama pompa aja. Kalo kata temen saya sih beli botol susu dari yang paling murah, kalo cocok yaudah. Kan sayang udah beli mahal taunya gak cocok malah dilepeh-lepeh. Hehe
  • Cooler Bag
    Beli sepaket sama diapers bag merk Gabag. Barengan beli pompa diskonan, ini juga diskonan. Hehehe. Discount is my lyfe.
  • Sikat Botol
    Yha buat nyikat botol
  • Sabun Cuci Botol
    Yha buat nyuci botolnya
  • Sterilizer
    Saya gak langsung beli ini sih. Karena butuh-gak-butuh. Masih bisa disubstitusi pakai rebus atau disiram air panas aja. Tapi akhirnya beli juga merk Crown. Murah meriah. Sebenernya sih kayak kukusan aja nih. Cuma pakai listrik.
Perlengkapan Ibu
  • Korset/Gurita
    Biar cepet singsetnya sih katanya pake gurita. Hahaha. Kalau kata suster-suster di Asih sih karena saya lahiran caesar, gurita ini bisa bantu merapatkan bekas luka operasi. Saya beli merk Newlife, yang ada 3 lembar itu. Tapi ternyata agak ribet makenya karena prepetan (apa sih itu namanya, velcro ya) copot terus tiap bagiannya. Mendingan beli yang 1 lembar aja. Kebayang gak sih. Googling deh gurita new life gitu. Lalu bandingkan dengan korset biasa hehehe.
  • Daster Menyusui
    Setelah lahiran ofcourse lah butuh baju kebanggaan makmak, yes daster. Daster is lyfe! Tapi saya ngga suka model yang dikancing. Karena ribet, kalo mau nenenin mesti buka-buka kancing dulu. Abis itu ditutup lagi. Yha bisa aja sih ga ditutup lagi tapi ntar kemana-mana dong. Jadi saya lebih suka yang modelnya leher karet. Tinggal plorotin aja kalau mau nyusuin. Kalau udah selesai tinggal tarik lagi. Beres.
  • Diapers Bag
    Beli merk Gabag diskonan bareng Philips Avent itu. Yeay hidup diskon
  • Pembalut Nifas
    Beli yang biasa untuk night aja. Bisa kok.

Nah kalau list baby gear ini saya ngga beli dulu semua, kebanyakan sih jadi wishlist dan Alhamdulillah terkabul. Hehe.

Baby Gear
  • Stroller
  • Carrier
  • Bouncer
  • Baby box
  • Baby tafel
  • Lemari baju bayi

Hospital Bag

Perlengkapan Administrasi
  • Dokumen administrasi (KTP, KK, dll)
  • Buku Pasien
  • Kartu Kredit/ATM/Uang
  • Kartu Asuransi
Perlengkapan Ibu
  • Daster (ngga kepakai sama sekali, karena saya lebih nyaman pakai kimono RS)
  • Pembalut
  • Selimut
  • Breast pump
  • Breast pad
  • Peralatan mandi
  • Handuk
  • Nursing bra
  • Celana dalam
  • Gurita
  • Kaos kaki
  • Sendal jepit (ngga kepakai juga, karena dapat sendal dari RS)
  • Alat ibadah
  • Baju untuk pulang
  • Sisir
  • Alat Makeup
  • Essential Oil
  • Charger
  • Kamera
  • Tissue Basah
  • Tissue Kering
  • Kalau berhijab, saran saya sih bawa hijab yang lebar atau berlengan, biar kalau ada tamu yang datang bisa langsung pakai hijabnya tanpa perlu pakai cardigan atau ganti baju
Perlengkapan Ayah
  • Baju ganti untuk 3-4 hari
  • Bantal
  • Selimut
  • Handuk
  • Peralatan mandi
  • Alat ibadah
  • Sendal jepit
Perlengkapan Bayi
  • Baju untuk pulang
  • Pospak untuk pulang
  • Selimut topi
  • Bedong
  • Kaos kaki

Nah ini newborn shopping list dan hospital bag versi saya. Sekali lagi, versi saya lho ya. Kamu bisa menyesuaikan lagi sesuai kebutuhan kamu. Tapi kira-kira beginilah kebutuhan saya. Mudah-mudahan bisa membantu ya! Kalau ada yang kurang boleh loh ditambahkan di kolom komentar. Oh iya, listnya bisa diunduh di sini ya. Semoga bermanfaat. Terima kasih! 😚

Leave a Reply