Trimester 2

Selamat datang masa kejayaan kehamilan! Muahaha. Makan apa aja enak. Jalan kemana aja hayok. Perut belom terlalu gede. Pokoknya happy deh trimester kedua ini. Cuma kalau saya sih masih gampang masuk angin aja kalau telat makan. Jadi deh nyetok cemilan banyak dan pagi hari harus sarapan berat. Saya sih jadi sahabatan banget deh sama alat kop. Secara siapa ya yang mau ngerokin kalau masuk angin kan, kasian suami juga pasti capek. Jadi deh saya dikop aja kalau udah mulai masuk angin terus dibalurin kayu putih atau telon. Besoknya udah enakan lagi badannya.

Cuma hati-hati ya buibuk, jangan karena ini masa kejayaan terus jadi melupakan kekuatan badan ini. Pernah suatu hari pas 24weeks saya pingsan aja dong tiba-tiba. Padahal saya ngerasa sehat walafiat, pagi-pagi udah sarapan banyak banget. Tapi pas lagi jalan beli makan siang brek aja gitu pingsan. Untung bukan di tengah jalan ya pingsannya, tapi di tukang gado-gado sebelah kantor! Bahahak. Untungnya lagi Alhamdulillah banyak yang nolongin meskipun saya jalan beli makannya sendirian. Entah kenapa sih kayaknya emang udah takdir semesta aja gitu ya pas saya sendirian beli makannya. Saya juga engga ngerti kenapa bisa pingsan. Itu pertama kalinya saya pingsan juga sih. Lagi ngantri gado-gado tiba2 gelap aja gitu ilang. Sadar-sadar saya udah geletak di bawah, kepala saya dipegangin ibu-ibu, ada yang olesin minyak angin di idung, ada yang ngipasin, ada yang teriak-teriak “mbak bangun mbak…”, ada yang beliin minum. Alhamdulillah.. Sadar-sadar saya nanya sama ibu-ibu yang megangin saya.

“Bu saya pingsannya lama ngga?”

“Lumayan mbak, 5 menitan kayanya”

Waduh 🙄 5 menit sih lumayan yah, ini bayik dalem perut gimana nih. Tapi saat itu juga si bayik masih nendang-nendang dari dalem. Mudah-mudahan ngga kenapa-kenapa yah. Tapi feeling saya sih ngga sampe 5 menit sih harusnya. Soalnya pas saya sadar gado-gado saya belum jadi dan orang-orang yang ngantri gado-gado bareng saya belum pada jadi juga. Abis saya sadar pun abang gado-gadonya masih sempet-sempetnya nanya “neng pake telor ga gado-gadonya?” HAHAHA. Setelah berasa enakan, saya masih belum berani balik ke kantor sendirian walaupun jarak kang gado-gado ama kantor cuma seiprit sebrang jalan aja. Takut pingsan lagi di tengah jalan 😐 Akhirnya saya nelponin beberapa temen-temen kantor buat jemput saya balik ke kantor. Habis itu telpon suami minta dijemput ke kantor dan ke IGD Asih buat cek si bayi. Reaksi semua orang yang saya telpon sama.

“Lo yang pingsan, lo yang nelepon sendiri. Gue jadi bingung”

Ya kan gue udah sadarrrr, masa nyuruh orang nelponin. Ga ada yang kenal juga kan disitu 😆 Setelah suami sampe di kantor, kita langsung ke Asih, perjalanan lumayan macet tapi si bayik masih tendang-tendang di dalem. Alhamdulillah. Pas sampe IGD Asih pun reaksinya sama…

“Kenapa bu keluhannya?”

“Emm ini tadi saya pingsan”

“Hah pingsan?? Kok udah bisa jalan??”

“Ya kan tadi pingsannya, sekarang udah sadar. Ini mau cek, saya lagi hamil 6 bulan”

Langsung disuruh tiduran di bed dan di CTG untuk cek detak jantung dan kontraksi bayi. Alhamdulillah ngga kenapa-kenapa. Diagnosa sementara saya cuma kepanasan dan kurang oksigen aja. Semenjak saat itu saya ngga boleh lagi beli makan sendirian keluar kantor dan harus bawa payung biar gak kepanasan lagi. Udah aja dong besok-besoknya kalo mau makan siang saya udah kayak penganten, diarak pake payung padahal ga ujan. Bodo amat deh daripada pingsan lagi 😆 Berkat kejadian pingsan ini obgyn saya, dr. Musa, jadi hafal sama saya. Tiap masuk ke ruangannya buat kontrol selalu ditanya “Ngga pingsan lagi kan??” 😐

Selain pingsan dan sering masuk angin, so far trimester dua ini ngga terlalu bermasalah sih. Cuma abis pingsan aja jadi parno jalan sendirian. Tapi dr Musa selalu bilang, santai aja jangan parnoan gitu ah nanti malah pingsan lagi gara-gara kebanyakan pikiran. Selain itu kaki makin sering keram pas lagi tidur. Udah langganan banget bangunin suami tengah malem kalo kaki keram dan udah langganan banget juga kalo abis bilang kakinya keram dia tidur lagih! Hih! Cuma elus-elus kaki aja terus bilang “Gapapa gapapa udah tidur lagi yuk”. Lah sakitt kelesss 😡 Perut pun semakin membesar yeyy meskipun masih keliatan kayak orang buncit. Hahahak. Tapi so far sih happy dong ya!